Skip to main content

Perempuan Sebagai Tombak Utama Pembangunan Karakter Masyarakat

Perempuan Sebagai Tombak Utama Pembangunan Karakter Masyarakat. Sejak zaman dahulu, perempuan dipandang mempunyai tingkatan yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Sehingga dalam kondisi apapun, perempuan harus menuruti perkataan laki-laki yang dianggap sebagai pemimpin, termasuk juga saat pengambilan keputusan dalam anggota.

Hal tersebut dikarenakan kekuatan fisik yang dimiliki perempuan mayoritasnya memiliki nilai kekuatan kurang jika dibandingkan dengan kekuatan yang dimiliki laki-laki. Sehingga sering dianggap bahwa laki-laki adalah tempat perlindungan bagi kaum perempuan.

Selain itu, kebanyakan perempuan yang sudah berkeluarga, pekerjaannya adalah merawat apa yang ada di rumah atau dalam arti lain sebagai ibu rumah tangga yang pekerjaan sehari-harinya membersihkan rumah, memasak, mencuci baju, merawat anak saat suami bekerja dan pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya.

Sedangkan laki-laki umumnya bekerja mencari nafkah keluar untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga termasuk istrinya. Hal tersebut juga membuat tingkat ketergantungan istri terhadap suami lebih besar dari pada ketergantungan suami terhadap istri.

Perempuan Sebagai Tombak Utama Pembangunan Karakter Masyarakat

Baru-baru ini sering dimunculkan pendapat yang membahas tentang emansipasi wanita. Kegiatan emansipasi wanita tersebut merupakan bentuk aspirasi dari para perempuan yang menuntut bahwa perempuan mempunyai posisi atau kedudukan yang sejajar, dalam artian sama pentingnya dengan laki-laki.

Para perempuan terutama ibu rumah tangga justru dianggap memiliki potensi yang lebih besar dalam pembangunan karakter masyarakat pedesaan. Hal tersebut dikarenakan ibu rumah tangga umumnya lebih dominan memiliki waktu luang dalam mendidik anak-anak mereka.

Sehingga ibu rumah tangga dimungkinkan bisa memodifikasi sikap sampai lingkungan pertumbuhan anak untuk pembentukan karakter anak yang baik. Oleh karena itu, pada kegiatan-kegiatan penyuluhan atau pendidikan tentang pembentukan karakter anak. Sasaran utama penyuluh adalah orang tua khususnya ibu, yang umumnya cenderung mempunyai waktu lebih banyak kepada anak.

Aspek yang dibicarakan pada saat penyuluhan biasanya seputar apa yang terjadi pada fase tumbuh kembang anak di berbagai tahapan usia,  baik di aspek fisik maupun psikologis anak. Selain itu, juga membahas tentang potensi buruk yang dimungkinkan muncul akibat pengaruh zaman, sehingga mengganggu tumbuh kembang anak. Contohnya seperti bahaya gadget, pergaulan anak dan lain sebagainya. sedangkan hal yang paling penting dan harus dibahas saat penyuluhan atau pendidikan adalah interensinya atau pengajaran tentang bagaimana cara melakukannya.

Jadi semakin banyak ibu yang memahami tentang cara pembentukan karakter anak yang baik, semakin besar pula kemungkinan terwujudnya generasi penerus yang lebih baik pada masyarakat pedesaan. Pedesaan sendiri disini tidak dimaksudkan hanya berfokus pada masyarakat yang hidup di desa saja.

Karena arti dari pedesaan sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia merupakan suatu daerah pemukiman penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi iklim, air dan tanah sebagai penentu syarat penting agar tempat tersebut tercipta pola kehidupan agraris penduduk. Sehingga cakupan wilayah pedesaan itu sangat luas. Semua komunitas dalam suatu tempat itu bisa disebut juga sebagai pedesaan.

Artikel ini tidak berfokus untuk mendukung bahwa perempuan statusnya sama tinggi dengan laki-laki sehingga posisi kepemimpinan harusnya sejajar. Karena bagaimanapun, dalam sebuah perkumpulan seperti keluarga, harus ada satu sosok pemimpin. Jika keduanya menjadi pemimpin justru malah ditakutkan tidak tercapainya tujuan bersama karena sibuk adu argumen dengan pendapat masing-masing.

Namun artikel ini ingin mencoba turut serta meluruskan bahwa perempuan juga mempunyai posisi yang tidak kalah penting dengan laki-laki, terutama dalam membentuk karakter anak. Sehingga masa depan suatu bangsa dan wilayah juga bergantung pada kualitas perempuannya. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Ibu Cerdas Penentu Anak Hebat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *